Ngoni, Maria Salestina (2019) Analisis preferensi konsumen buah apel (mallus domestica )di pasar Keputran Utara Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
COVER .pdf Download (379kB) |
|
Text
PCX - Report Maria 2.pdf Download (250kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut buah apel yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di pasar Keputran Utara Surabaya dan mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah di pasar. Metode pasar Keputran Utara Surabaya dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pelaksanaannya dengan teknik survey. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surabaya dengan penelitian di pasar Keputran Utara Surabaya . Penentuan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling dengan jumlah responden 30 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis sikap multiatribut Fishbein. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa seluruh variabel buah apel berbeda nyata pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, preferensi konsumen terhadap buah apel di pasar Keputran Utara Surabaya tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap buah apel. Buah apel yang menjadi preferensi konsumen di pasar Keputran Utara Surabaya adalah buah apel yang mempunyai atribut; rasa manis, ukuran kecil,warna kulit merah,dan jenis lokal. Berdasarkan analisis Fishbein diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah apel adalah atribut rasa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu: produsen sebaiknya lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas rasa dari buah apel yang dihasilkan karena atribut rasa buah merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih buah apel, dan hendaknya mampu menyediakan lebih banyak buah apel dengan ukuran kecil dan jenis lokal, mengingat kenyataan di lapangan, kedua atribut tersebut belum sesuai dengan preferensi konsumen, serta pemasar buah apel sebaiknya lebih meningkatkan penyediaan buah apel yang sesuai dengapreferensi konsumen . Kata Kunci : Buah apel, Preferensi konsumen, Analisis chi square, Analisis multiatribut fishbein. Maria Salestina Ngoni, 15220005, Agribusiness Study Program, Faculty of Agriculture, University of Wijaya Kusuma Surabaya, 2019. Analysis of Apple Fruit(Mallus Domestica) Consumer Preferences in North Keputran MarketSurabayaFirstAdvisor: Koesriwulandari, andSecond Supervisor Nugrahini ABSTRAK This study aims to examine the attributes of apples that are consumers' preferences or preferences in the Keputran Utara Surabaya market and examine the attributes that are most considered by consumers in the decision to buy fruit on the market. The market method of North Surabaya Keputran in this study uses descriptive methods,and its implementation with survey techniques. The research location was chosen purposively, namely the City of Surabaya with research at the Keputran Utara market in Surabaya. Determination of the sample is done by incidental sampling method with the number of respondents 30 people. The types of data used are primary data and secondary data. The analysis used was chi square analysis and analysis of Fishbein's multi-attribute attitude. The results of the chi square analysis showed that all apple variables were significantly different at the 95% confidence level. That is, consumer preferences for apples in the North Keputran market in Surabaya are not the same or there are differences in consumer preferences for apples. Apples that become consumer preferences in the Keputran Utara Surabaya market are apples that have attributes; sweetness, small size, red skin color, and local type. Based on Fishbein's analysis, it is known that the attribute most considered by consumers in the decision to purchase apples is the taste attribute. Based on the results of the study, suggestions that can be given are: producers should better maintain and improve the quality of the apples produced because the fruit flavor attribute is the attribute most considered by consumers in choosing apples, and should be able to provide more apples with small size and local types, given the fact in the field, these two attributes have not been in accordance with consumer preferences, and apple marketers should further increase the supply of apples in accordance with consumer preferences. Keywords: apples, consumer preferences, chi square analysis, fishbein multi-attribute analysis. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut buah apel yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di pasar Keputran Utara Surabaya dan mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah di pasar. Metode pasar Keputran Utara Surabaya dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pelaksanaannya dengan teknik survey. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surabaya dengan penelitian di pasar Keputran Utara Surabaya . Penentuan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling dengan jumlah responden 30 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis sikap multiatribut Fishbein. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa seluruh variabel buah apel berbeda nyata pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, preferensi konsumen terhadap buah apel di pasar Keputran Utara Surabaya tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap buah apel. Buah apel yang menjadi preferensi konsumen di pasar Keputran Utara Surabaya adalah buah apel yang mempunyai atribut; rasa manis, ukuran kecil,warna kulit merah,dan jenis lokal. Berdasarkan analisis Fishbein diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah apel adalah atribut rasa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu: produsen sebaiknya lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas rasa dari buah apel yang dihasilkan karena atribut rasa buah merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih buah apel, dan hendaknya mampu menyediakan lebih banyak buah apel dengan ukuran kecil dan jenis lokal, mengingat kenyataan di lapangan, kedua atribut tersebut belum sesuai dengan preferensi konsumen, serta pemasar buah apel sebaiknya lebih meningkatkan penyediaan buah apel yang sesuai dengapreferensi konsumen . Kata Kunci : Buah apel, Preferensi konsumen, Analisis chi square, Analisis multiatribut fishbein. Maria Salestina Ngoni, 15220005, Agribusiness Study Program, Faculty of Agriculture, University of Wijaya Kusuma Surabaya, 2019. Analysis of Apple Fruit(Mallus Domestica) Consumer Preferences in North Keputran MarketSurabayaFirstAdvisor: Koesriwulandari, andSecond Supervisor Nugrahini ======================================================= ABSTRAK This study aims to examine the attributes of apples that are consumers' preferences or preferences in the Keputran Utara Surabaya market and examine the attributes that are most considered by consumers in the decision to buy fruit on the market. The market method of North Surabaya Keputran in this study uses descriptive methods,and its implementation with survey techniques. The research location was chosen purposively, namely the City of Surabaya with research at the Keputran Utara market in Surabaya. Determination of the sample is done by incidental sampling method with the number of respondents 30 people. The types of data used are primary data and secondary data. The analysis used was chi square analysis and analysis of Fishbein's multi-attribute attitude. The results of the chi square analysis showed that all apple variables were significantly different at the 95% confidence level. That is, consumer preferences for apples in the North Keputran market in Surabaya are not the same or there are differences in consumer preferences for apples. Apples that become consumer preferences in the Keputran Utara Surabaya market are apples that have attributes; sweetness, small size, red skin color, and local type. Based on Fishbein's analysis, it is known that the attribute most considered by consumers in the decision to purchase apples is the taste attribute. Based on the results of the study, suggestions that can be given are: producers should better maintain and improve the quality of the apples produced because the fruit flavor attribute is the attribute most considered by consumers in choosing apples, and should be able to provide more apples with small size and local types, given the fact in the field, these two attributes have not been in accordance with consumer preferences, and apple marketers should further increase the supply of apples in accordance with consumer preferences. Keywords: apples, consumer preferences, chi square analysis, fishbein multi-attribute analysis. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut buah apel yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di pasar Keputran Utara Surabaya dan mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah di pasar. Metode pasar Keputran Utara Surabaya dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pelaksanaannya dengan teknik survey. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surabaya dengan penelitian di pasar Keputran Utara Surabaya . Penentuan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling dengan jumlah responden 30 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis sikap multiatribut Fishbein. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa seluruh variabel buah apel berbeda nyata pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, preferensi konsumen terhadap buah apel di pasar Keputran Utara Surabaya tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap buah apel. Buah apel yang menjadi preferensi konsumen di pasar Keputran Utara Surabaya adalah buah apel yang mempunyai atribut; rasa manis, ukuran kecil,warna kulit merah,dan jenis lokal. Berdasarkan analisis Fishbein diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian buah apel adalah atribut rasa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu: produsen sebaiknya lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas rasa dari buah apel yang dihasilkan karena atribut rasa buah merupakan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih buah apel, dan hendaknya mampu menyediakan lebih banyak buah apel dengan ukuran kecil dan jenis lokal, mengingat kenyataan di lapangan, kedua atribut tersebut belum sesuai dengan preferensi konsumen, serta pemasar buah apel sebaiknya lebih meningkatkan penyediaan buah apel yang sesuai dengapreferensi konsumen . Kata Kunci : Buah apel, Preferensi konsumen, Analisis chi square, Analisis multiatribut fishbein. Maria Salestina Ngoni, 15220005, Agribusiness Study Program, Faculty of Agriculture, University of Wijaya Kusuma Surabaya, 2019. Analysis of Apple Fruit(Mallus Domestica) Consumer Preferences in North Keputran MarketSurabayaFirstAdvisor: Koesriwulandari, andSecond Supervisor Nugrahini ABSTRAK This study aims to examine the attributes of apples that are consumers' preferences or preferences in the Keputran Utara Surabaya market and examine the attributes that are most considered by consumers in the decision to buy fruit on the market. The market method of North Surabaya Keputran in this study uses descriptive methods,and its implementation with survey techniques. The research location was chosen purposively, namely the City of Surabaya with research at the Keputran Utara market in Surabaya. Determination of the sample is done by incidental sampling method with the number of respondents 30 people. The types of data used are primary data and secondary data. The analysis used was chi square analysis and analysis of Fishbein's multi-attribute attitude. The results of the chi square analysis showed that all apple variables were significantly different at the 95% confidence level. That is, consumer preferences for apples in the North Keputran market in Surabaya are not the same or there are differences in consumer preferences for apples. Apples that become consumer preferences in the Keputran Utara Surabaya market are apples that have attributes; sweetness, small size, red skin color, and local type. Based on Fishbein's analysis, it is known that the attribute most considered by consumers in the decision to purchase apples is the taste attribute. Based on the results of the study, suggestions that can be given are: producers should better maintain and improve the quality of the apples produced because the fruit flavor attribute is the attribute most considered by consumers in choosing apples, and should be able to provide more apples with small size and local types, given the fact in the field, these two attributes have not been in accordance with consumer preferences, and apple marketers should further increase the supply of apples in accordance with consumer preferences. Keywords: apples, consumer preferences, chi square analysis, fishbein multi-attribute analysis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buah apel, Preferensi konsumen, Analisis chi square, Analisis multiatribut fishbein. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program |
Depositing User: | Maria Salestina Ngoni |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 05:33 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 05:34 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3255 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year