Pengaruh brand experience dan kesadaran merek terhadap loyalitas merek melalui perceived quality sebagai variabel intervening (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Jurusan Manajemen yang Menggunakan Smartphone Samsung)

Saputra, Daniel Agung (2019) Pengaruh brand experience dan kesadaran merek terhadap loyalitas merek melalui perceived quality sebagai variabel intervening (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Jurusan Manajemen yang Menggunakan Smartphone Samsung). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (894kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience (X1) dan kesadaran merek (X2) terhadap loyalitas merek (Y) melalui perceived quality (Z) sebagai variabel intervening pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang menggunakan smartphone Samsung. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria reponden pernah menggunakan smartphone merek Samsung lebih dari sekali. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa, brand experience (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung (Y), sehingga hipotesis pertama (H1) didukung. Kesadaran merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung (Y), sehingga hipotesis kedua (H2) didukung. Brand experience (X1) berpengaruh signifikan terhadap perceived quality pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung (Z), sehingga hipotesis ketiga (H3) didukung. Kesadaran merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap perceived quality pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung (Z), sehingga hipotesis keempat (H4) didukung. Perceived quality (Z) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung (Y), sehingga hipotesis kelima (H5) didukung. Sehingga pada uji hipotesis keenam (H6) didukung semua bagian, dimana brand experience (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (Y), dan kesadaran merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (Y), dimana brand experience (X1) berpengaruh signifikan terhadap perceived quality (Z), dan kesadaran merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap perceived quality (Z), serta perceived quality (Z) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pada mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya jurusan Manajemen yang menggunakan smartphone Samsung (Y). Kata kunci: brand experience, kesadaaran merek, loyalitas merek, perceived quality.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: brand experience, kesadaaran merek, loyalitas merek, perceived quality
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Daniel A. Saputra
Date Deposited: 07 Feb 2019 05:03
Last Modified: 07 Feb 2019 05:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item