Partisipasi lanjut usia dalam memanfaatkan pelayanan posyandu lansia Ponkedes Sepatan (Studi Pada Lanjut Usia Desa Sepatan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung)

Ramadhani, Yaniza (2018) Partisipasi lanjut usia dalam memanfaatkan pelayanan posyandu lansia Ponkedes Sepatan (Studi Pada Lanjut Usia Desa Sepatan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
YANIZA.pdf

Download (767kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Yaniza Ramadhani, (2018). Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Partisipasi Lanjut Usia Dalam Memanfaatkan Pelayanan Posyandu Lansia Ponkesdes Sepatan (Studi Pada Lanjut Usia di Desa Sepatan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung). Dosen Pembimbing I : Drs. Yudi Harianto.CU, M.IP., Dosen Pembimbing II : Dra. Chriestine LM., M.IP., Salah satu wujud pembangunan Nasional adalah dibidang kesehatan. Sasaran pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan lanjut usia adalah dengan adanya posyandu lansia. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana partisipasi lanjut usia dalam memanfaatkan pelayanan posyandu lansia, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang sering dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan posyandu lansia di Ponkesdes Sepatan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Teori dari Satori mengenai bentuk paartisipasi. Faktor pendukung partisipasi dari Mikkelson, sedangkan faktor penghambat teori dari Slamet. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta metode analisisnya dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk partisipasi lansia mengikuti posyandu lansia berupa partisipasi tenaga, dana, dan material. Faktor pendukung lanjut usia dalam memanfaatkan pelayanan posyandu lansia: (1) Lansia masih mempunyai semangat mengikuti posyandu lansia (2) Keinginan lanjut usia untuk mengetahui tentang kesehatannya (3) Kader lansia yang aktif mendukung lansia (4) Peran perangkat desa dalam menyebarluaskan informasi. Faktor penghambat lanjut usia dalam memanfaatkan pelayanan posyandu lansia: (1) Lansia mayoritas bermatapencahariaan sebagai petani dan buruh tani(2) Keadaan fisik lansia yang mengalami kemunduran (3) Lansia laki-laki tidak ikut berpartisipasi (4) Iklim cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Posyandu Lansia, Partisipasi,Lansia
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Social Welfare Study Program
Depositing User: Dadang -
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:07
Last Modified: 10 Apr 2018 03:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item