Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dan Penerapan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan Administrasi Perkantoran.

Yuliana, Leni (2017) Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dan Penerapan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan Administrasi Perkantoran. INOVASI, XIX (2). pp. 69-75. ISSN 0854-4328

[img] Text
INOVASI, Volume XIX, Nomor 2, Juli 2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan faktor gaya kepemimpinan guru di kelas untuk mengelola dan memberikan pancingan serta motivasi bagi peserta didik dalam belajar memang layak untuk dikaji secara lebih jauh. Selain itu yang perlu dipahami adalah hendaknya partisipasi peserta didik dalam PBM dipengaruhi oleh 3 faktor yakni 1) peserta didik kurang memiliki kemampuan untuk merumuskan gagasan sendiri 2) peserta didik kurang memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat kepada orang lain dan 3) peserta didik belum terbiasa bersaing menyampaikan pendapat dengan teman lainnya. Selain faktor Gaya kepemimpinan guru, maka keberadaan media belajar sangat mendukung pencapaian arah tujuan PBM di kelas, terlebih lagi bagi sekolah menengah Kejuruan Administrasi Perkantoran. Penelitian ini memusatkan perhatian pada gaya kepemimpinan guru dan media belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kejuruan administrasi perkantoran, sebagai populasi atau obyek dalam penelitian adalah sebesar 30 orang peserta didik. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner serta data hasil survei yang didapatkan diuji validasi dan reliabilitasnya. Variabel yang memiliki nilai thitung terbesar merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel prestasi belajar (Y). Variabel bebas yang memiliki thitung terbesar adalah variabel media belajar (X2), sehingga disimpulkan bahwa variabel media belajar (X2) berpengaruh dominan terhadap variabel prestasi belajar (Y). Begitu juga korelasi yang ditunjukkan oleh nilai korelasi antara X dan Y (rxy). Korelasi yang dimiliki sangat kuat sehingga diduga model yang diperoleh dari analisis regresi linear berganda nantinya memiliki tingkat akurasi yang tinggi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Media Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:44
Last Modified: 27 Dec 2018 03:44
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2926

Actions (login required)

View Item View Item