Desiningrum, Noviana and Nuryasana, Endang (2017) Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Melakukan Praktikum IPA Di SD Pada Mahasiswa Pgsd Universitas Terbuka. Jurnal Autentik, 1 (2). pp. 12-18. ISSN 2548-9119
Text
jurnal fix.pdf Download (355kB) |
Abstract
Penelitian ini menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam perkuliahan Praktikum IPA di SD, bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan melakukan praktikum IPA di SD. Dilaksanakan pada mahasiswa PGSD Universitas Terbuka di Surabaya, semester gasal tahun 2015-2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan pretest dan posttest desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktifitas dosen mengelola pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses memiliki kategori sangat baik dengan skor rerata sebesar 4,12. (2) aktifitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses memiliki kategori positif dengan skor rerata sebesar 3,801. (3) Ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,07% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 75, (4) Mahasiswa termotivasi belajar sebesar 89,62%. Hasil analisis data dengan rancangan pretest dan posttest desain, untuk parameter rerata pretest dan rerata posttest menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa, dengan probabilitas 0,008.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Ketarampilan Proses, Hasil Bekajar Mahasiswa, Praktikum IPA di SD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 27 Dec 2018 03:40 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:40 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2924 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year