Pemaknaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Dibidang Ketinggian Bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) (Studi Deskriptif Kualitatif Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA di Surabaya)

Christanto, Fransiskus Ludviono (2018) Pemaknaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Dibidang Ketinggian Bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) (Studi Deskriptif Kualitatif Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA di Surabaya). Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
fransiskus L. christanto.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian berlokasi di beberapa perguruan tinggi swasta di Surabaya. Agar dapat mengetahui pemaknaan keselamatan kerja oleh aktifis mapala sebelum turun ke dunia pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang memilih bidang ketinggian, makna keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan proses penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penelitian tentang Pemaknaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dibidang Ketinggian Bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala, termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan secara terperinci fenomena sosial tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction) berarti merangkum, memilih hal-hal pokok dari hasil penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara, yang selanjutnya dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) berawal dari ketertarikan dan hobi dari kelima responden ini mendalami bidang tersebut dapat mengetahui dan mempelajari safety procedure sehingga dapat menjadi bekal pada saat di dunia pekerjaan dibidang ketinggian (2) informan sepenuhnya sadar akan pentingnya safety procedure dalam melakukan kegiatan di ketinggian karena resiko yang diakibatkan pada saat bermain/bekerja diketinggian memiliki tingkat bahaya tinggi (3) Penerapan K3 ini juga memiliki prosedur yang benar yang harus diikut sesuai dengan aturan perundang-undangannya. Karena apabila K3 tidak terlaksana, tentu akan memberikan dampak buruk terhadap orang yang melakukan, Organisasi dan Universitas, bahkan perusahan tempat bekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan K3, Penerapan K3,Mahasiswa pecinta alam (MAPALA)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Social Welfare Study Program
Depositing User: Dadang -
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:16
Last Modified: 13 Mar 2018 04:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item