Implikasi perubahan kurikulum Pendidikan Nasional terhadap eksistensi perpustakaan dalam kajian perspektif sosio kultural

Bakhtiyar, . (2016) Implikasi perubahan kurikulum Pendidikan Nasional terhadap eksistensi perpustakaan dalam kajian perspektif sosio kultural. INOVASI, XVII (1). pp. 27-36. ISSN 0854 - 4328

[img] Text
artikel(11).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://fbs.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sukses berprofesi dalam dunia kerja di perpustakaan, merupakan dambaan dan cita-cita yang diupayakan dan diwujudkan oleh setiap pustakawan. Kajian terhadap profil pustakawan, dengan tujuan untuk memperoleh jawaban atas persoalan yang mendasar bagaimanakah sukses berprofesi sebagai pustakawan, merupakan kajian yang sangat subtansi dan esensi dalam lingkungan kerja di perpustakaan. Obyek kajian bertumpu pada content manajemen IQ dan EQ. Ruang lingkup kajian berfokus perwujudan manajemen IQ dan EQ. Sebagai kegiatan analis kritis dan realitis, secara metodologis kajian ini menggunakan pendekatan sejarah (historical approach), memiliki ciri dominan yaitu penyelidikan kritis mengenai perkembangan pemikiran, baik dijaman lampau maupun sekarang dengan menggunakan data primer. Metode kajian dalam pencarian data adalah kajian perpustakaan (library research). Analisis kajian menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Sumber analisa berasal dari kajian bahan-bahan pustaka berisi teoritis, penelitian dan kajian bukan penelitian. Analis isi (content analysis) juga dilakukan untuk menganalisa makna yang terkandung dalam konsep IQ dan EQ. Observasi dalam lingkungan dunia kerja di perpustakaan digunakan sebagai pelengkap. IQ terwujud dalam kompetensi pustakawan yang meliputi; kompetensi personal, Kompetensi Manajemen, Kompetensi pendidikan, Kompetensi ilmu pengetahuan. EQ termanifestasikan dalam profesi pustakawan. Kinerja pustakawan sangat terbingkai oleh etika profesinya, sehingga terbentuk profil pustakawan yang memiliki aspek-aspek profesional meliputi; sopan, ramah, tanggap dan ulet. Aspek kepribadian dan perilaku yang terpuji meliputi; rajin, rapi, bersih, disiplin dan tepat janji. Gabungan IQ dan EQ, perwujudanya sebagai indikator kinerja pustakawan, melaksanakan segala tugas dan kewajiban profesinya. Kesuksesan berprofesi pustakawan hanya dapat diraih oleh pustakawan yang cerdas dalam mamajemen IQ dan EQ. Kata Kunci: Profesi Pustakawan, Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kurikulum, perpustakaan sekolah
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Bakhtiyar .
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:26
Last Modified: 31 Oct 2018 01:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item