Pembelajaran berbasis perpustakaan sebagai aspek kekuatan utamamewujudkan kualitas prestasi belajar siswa : Peran guru dalam pembudayaan layanan jasa informasi perpustakaandari sudut pandang persespektif sosiologi

Bakhtiyar, . (2018) Pembelajaran berbasis perpustakaan sebagai aspek kekuatan utamamewujudkan kualitas prestasi belajar siswa : Peran guru dalam pembudayaan layanan jasa informasi perpustakaandari sudut pandang persespektif sosiologi. INOVASI, XX (1). pp. 112-129. ISSN 0854 - 4328

[img] Text
artikel(1).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://fbs.uwks.ac.id

Abstract

Abstrak Kajian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang: (1). Arti penting pembelajaran berbasis perpustakaan dalam proses belajar mengajar. (2). Peran guru dalam pembudayaan pemanfaatan layanan jasa informasi perpustakaan untuk mewujudkan budaya baca siswa. Obyek kajian bertumpu pada kajian tentang content peran guru dalam pembudayaan pemanfaatan layanan jasa perpustakaan. Ruang lingkup kajian berfokus pada perwujudan manajemen pembelajaran berbasis perpustakaan. Kajian ini menggunakan historical approach sebagai analis-pemikiran kritis dan realitis terhadap pengaplikasian pemikiran suatu konsep dalam suatu kurun waktu yang telah dan sedang terjadi. Data primer dianggap sebagai sumber informasi primer dan metode kajian untuk pencarian data yang berisikan informasi penting adalah menggunakan library research. Konseptualisasi terhadap pembelajaran berbasis perpustakaan sesungguhnya adalah keseluruhan pelaksanaan proses belajar mengajar melalui pemanfaatan layanan jasa perpustakaan dengan segala fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia di perpustakaan. Analisis kajian menggunakan analisa diskriptif kualitatif, dengan mengandalkan sumber analisa dari berbagai kajian terhadap bahan-bahan pustaka yang berisi teoritis, penelitian dan kajian bukan penelitian. Observasi digunakan untuk mendukung konstruksi teoritis dan content analysis digunakan dengan maksud untuk menganalisa makna yang tercakup dalam konsep pembelajaran berbasis perpustakaan maupun pengaplikasiannya dalam dunia kerja di lembaga pendidikan sekolah. Hasil Kajian meliputi; (1).Arti penting pembelajaran berbasis perpustakaan merupakan pembelajaran bertujuan membangun dan mewujudkan siawa belajar mandiri, kreatif dan inovatif serta untuk terwujudnya budaya baca. Pemanfaatan layanan jasa informasi perpustakaan dalam pembelajaran, sangat berpengaruh pada peserta didik untuk mempertajam kemampuan menulis, membaca, berpikir dan berkomunikasi. Peserta didik memiliki ketrampilan dan kemampuan yang tinggi dalam literasi informasi, sehingga terwujud perilaku informasi yang bersifat positif. Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan sumber informasi semakin dapat berperan dalam mewujudkan budaya literasi informasi demi tercapaianya tujuan pendidikan. (2). peran guru dalam pemebelajaran berbasis pepustakaan untuk mewujudkan pembudayaan pemanfaatan layanan jasa informasi adalah sebagai berikut: (a). Korektor. (b). Inspirator. (c). Informator. (d). Organisator. (e). Motivator. (f). Inisiator. (g). Fasilitator. (h). Pembimbing. (i) Demonstrator. (j). Pengelola kelas. (k). Mediator. (l). Supervisor. (m). Evaluator Kata Kunci : Peran Guru. Perpustakaan Sekolah. Pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran guru, pembelajaran, perpustakaan sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Bakhtiyar .
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:26
Last Modified: 31 Oct 2018 01:44
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item