Suhartono, . (2016) Adversity Quotient sebagai Acuan Guru dalam Memberikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. INOVASI, XVIII (2). pp. 62-70. ISSN 0854-4328
|
Text
JURNAL_SUHARTONO_FBS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Adversity Quotient (AQ) merupakan intelejensi khusus yang berkaitan dengan kemampuan seseorang menghadapi problematika kehidupan. Sehingga dapat dianalogikan bahwa AQ merupakan intelejensi khusus yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dalam hal ini, masalah dapat berupa soal pemecahan masalah matematika yang diberikan oleh guru. Karakteristik masalah matematika yang tidak dapat secara langsung, mengharuskan siswa memiliki intelejensi khusus dalam memcahkan masalah matematika tersebut. Di dalam AQ terdapat tiga kategori, yaitu: quitter, camper, dan climber. Quitter adalah orang yang berhenti di tengah jalan dan tidak melanjutkan perjalanan. Camper adalah orang yang puas pada posi tertentu. Climber adalah orang yang bertahan dan berusaha sampai pada puncak usaha mereka. Dalam memecahkan masalah matematika dibutuhkan ketahan agar dapat memecahkan masalah matemaika. Karena karakteristik masalah matematika yang tidak langsung dapat diselesaikan dengan cara rutin. Sementara ketahan dalam memecahkan masalah matemtika dapat mengacu pada AQ yang dimiliki seseorang. Menjadi guru harus bijak dalam menghadapi siswanya. Guru tidak boleh selalu menyalahkan siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam memecahkan masalah. Karena siswa yang memiliki AQ rendah akan mudah menyerah jika diberikan soal pemecahan masalah yang menurut mereka sulit untuk diselesaikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adversity Quotient, Soal Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | PKM/ LPPM/BP3 > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 06:22 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 06:22 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/278 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year