Setiyawan, Hery (2017) Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD. INOVASI, XIX (1). pp. 8-17. ISSN 0854-4328
|
Text
JURNAL_HERY_FBS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada hasil belajar siswa dalam belajar matematika belum maksimal. Dikarenakan proses pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru. Guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu pola pengajaran guru masih memberikan informasi, guru memberikan contoh soal, kemudian guru memberikan latihan soal, guru masih belum menggunakan model yang tepat untuk materi yang akan disampaikan. Hal ini harus diubah sesuai dengan penerapan KTSP yaitu dengan proses pembelajaran lebih banyak didominasi oleh siswa. Dalam kurikulum 2006, pokok bahasan luas bidang merupakan suatu materi yang sangat dekat dengan kehidupan nyata. Banyak peristiwa yang kita jumpai sehari-hari menggunakan pengukuran luas bidang. Dengan demikian, materi luas bidang sesuai apabila dalam penyampaiannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi luas bidang pada siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar luas bidang. Hal tersebut terlihat berdasarkan perhitungan diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi luas bidang pada siswa kelas eksperimen sebesar 60,72%. Kata Kunci : Pengaruh, Model PBL, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model PBL, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 05:54 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 07:15 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year