Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization) pada materi kekayaan sumber energy di Indonesia Siswa Kelas IV SDN Banjarsugihan V Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018

Angela, Almira Tria (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization) pada materi kekayaan sumber energy di Indonesia Siswa Kelas IV SDN Banjarsugihan V Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (695kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Angela Almira Tria 2018. “Penerapan Model Pembelajaaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asissted Individualization) pada Materi Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Kelas IV SDN Banjarsugihan V Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Kata Kunci : Model Pembelajaaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asissted Individualization), Materi Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, SDN Banjarsugihan V Surabaya. Dilatarbelakangi untuk mewujudkan keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas, maka menerapkan salah satu model pembelajaran kooperatif dalam kegiatan belajar mengajar dikelas dan dalam suasana yang sesungguhnya. Skripsi ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) yang berorientasi pada pengamatan langsung. Masalah yang diteliti adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi kekayaan sumber energy di Indonesia. Tujuan yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan Aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualiztion) pada materi kekayaan sumber energy di indonesia. Penelitian dilakukan di SDN Banjarsugihan V Surabaya tahun pelajaran 2017/2018 dengan sampel kelas IV-A sebanyak 25 siswa. Melalui pengamatan, data dikumpulkan dengan tes, yaitu pre-test, LKS dan soal evaluasi. Penelitian dilakukan 1 kali pertemuan pada tanggal 26 April 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted individualization) pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan presentase sebesar 97% atau kategori Sangat Baik, pada aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari empat aspek aktivitas siswa kelas IV SDN Banjarsugihan V Surabaya adalah 88,62% dalam kategori Baik, pada pengamatan hasil respon siswa presentasenya mencapai sebesar 90,26% dikategorikan Baik, dan pada pencapaian hasil belajar siswa presentase nya mencapai sebesar 82,40%. (21 siswa nilai di atas KKM dari 25 keseluruhan siswa).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asissted Individualization), Materi Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, SDN Banjarsugihan V Surabaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Almira Tria Angela
Date Deposited: 26 Sep 2018 01:25
Last Modified: 26 Sep 2018 01:25
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2718

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year