Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Gresik

Aissyah, Nur (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Gresik. Diploma (D3) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
AISSYAH (14650004).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan untuk mengendalikan emosi diri, mengelola, dan mengekspresikan emosi terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas (X) kecerdasan emosional dan variabel terikat prestasi belajar matematika (Y) dengan jumlah responden 23 siswa kelas IV-B MI Miftahul Huda Gresik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian angket kecerdasan emosional dan tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas 0,591 (X) dan 0,401 (Y) dan signifikansi pada 0,876 (X) dan 0,997 (Y). Data tersebut berarti Ho diterima yang berarti data residual terdistribusi normal. Pada hasil penelitian uji regresi nilai koefisien determinasi sebesar 0,880 yang artinya persentase kontribusi pengaruh variabel kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika sebesar 88%, sedangkan sisanya 12% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat ditarik simpulan, bahwa kecerdasan emosional memunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Uncontrolled Keywords: Kederdasan, Emosional, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Aissyah
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:52
Last Modified: 24 Sep 2018 02:52
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item View Item