Struktur wacana pada iklan axis iritology di televisi swasta nasional

Palupessy, Sophia Mirna (2018) Struktur wacana pada iklan axis iritology di televisi swasta nasional. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Analisis Struktur Wacana Pada Iklan Axis Iritology Di Televisi Swasta Nasional. Perkembangannya tidak semua pemirsa televisi memahami bahasa dan wacana iklan yang di maksud. Banyak di antaranya hanya dapat memahami wacana iklan tersebut secara konvensional. Dan karena itu adalah penting untuk mengemukakan hakikat bahasa dan struktur wacana iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk membahas analisis struktur wacana pada iklan. Struktur wacana adalah ada tiga, yaitu butir utama iklan, badan utama iklan, dan penutup iklan. Penelitian ini menggunakan teori Bolen dalam Rani (2000:67) membagi struktur wacana iklan menjadi tiga unsur pembentuk wacana, yaitu (1) butir utama (headline), (2) badan (body), dan (3) penutup (close). Pembagian tersebut dilihat dari segi proposisinya. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan struktur wacana isi proposisi pada bagian butir utama wacana iklan axis iritology di Televisi Swasta Nasional. (2) Mendeskripsikan struktur wacana badan bagian wacana iklan axis iritology di Televisi Swasta Nasional. (3) Mendeskripsikan struktur wacana teknik menutup pada bagian penutup wacana Iklan axis iritology di Televisi Swasta Nasional. Hasil penelitian ini terdiri dari bagian butir utama iklan terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: (a) proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen, (b) proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu calon konsumen, (c) proposisi berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, (d) proposisi yang membuat konsumen khusus tertarik. Bagian badan iklan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: (a) bagian badan yang berisi alasan subjektif, (b) bagian badan yang proposisinya berisi alasan objektif, dan Penutup iklan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: (a) pengembangan dengan teknik lunak, (b) pengembangan dengan teknik keras.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Iritology, Axis, Iklan, Wacana
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: Sophia Mirna P.
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:21
Last Modified: 21 Sep 2018 06:21
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year