Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Raja Darmawan terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (Bipa)di Surabaya European School Indonesia

Kartikasari, Erlin (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Raja Darmawan terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (Bipa)di Surabaya European School Indonesia. In: Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan II, 28 Mei 2018, Unmuh Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PROSIDING_ERLIN_K_FBS.pdf

Download (983kB) | Preview

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) saat ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Banyak tenaga asing yang dipekerjakan di kota ini. Hal tersebut berdampak pada dunia pendidikan dengan semakin bertambahnya siswa penutur asing di sekolah Internasional di Surabaya khususnya di Surabaya European School (SES) Indonesia. Hal tersebut mendorong guru bahasa Indonesia untuk kreatif dan efektif dalam melakukan pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang kreatif dan efektif adalah dengan menggunakan model pembelajaran Raja Darmawan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Raja Darmawan terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) di Surabaya European School (SES) Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data penelitian diambil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) di kelas eksperimen lebih baik dari pada keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) di kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil rata-rata tes akhir siswa di kelas ekperimen adalah 82,75 sedangkan rata-rata tes akhir siswa di kelas kontrol adalah 56,75. Berdasarkan uji signifikansi korelasi product moment diperoleh nilai t hitung (1,66) lebih besar dari nilai t tabel (1,57) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) yang diberi model pembelajaran Raja Darmawan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: model pembelajaran Raja Darmawan, ketrampilan berbicara, penutur asing

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Raja Darmawan, ketrampilan berbicara, penutur asing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 09 Mar 2018 06:12
Last Modified: 09 Mar 2018 06:12
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year