Mastery Learning Dalam Gaya Belajar Model KOLP Materi Menulis Cerpen Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Pratiwi, Desi Eka (2017) Mastery Learning Dalam Gaya Belajar Model KOLP Materi Menulis Cerpen Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. INOVASI, XIX (2). pp. 30-40. ISSN 0854-4328

[img]
Preview
Text
JURNAL_DESI2_FBS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Keterampilan menulis pada hakikatnya adalah keterampilan Bahasa yang paling rumit diantara keterampilan Berbahasa yang lainnya. Hal itu disebabkan keterampilan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan. Belajar tuntas merupakan tujuan proses belajar mengajar secara idel agar bahan yang dipelajari dikuasai sepenuhnya oleh murid. Mastery Learning dapat didukung dengan gaya belajar model kolb yang berlansung melalui 4 fase atau tahap antara lain (1) pemerolehan pengalaman lansung; (2) observasi dan refleksi; (3) generalisasi dan abstraksi; (4) pegangan dalam menghadapi pengalaman-pengalaman baru. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar tuntas/mastery learning dengan menggunakan gaya belajar model kolb dalam penulisan cerpen sederhana di SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, pengumpulan data berupa tes dengan analisis data berupa uji hipotesis dan N-Gain. Hasil dari penelitian adalah perhitungan nilai rata-rata kelompok eksperimen 81,24 dan kelompok kontrol 68,2. Dari hasil data penelitian didapatkan nilai n gain ternormalisasi yang didapatkan sebesar 0.41 yang berarti terdapat peningkatan dalam taraf sedang. Variabel gaya belajar kolb memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap penulisan cerpen sederhana di kelas VI sekolah dasar hal ini diperlihakan dengan besarnya nilai n gain yaitu 0.41. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gaya belajar model kolb menunjukkan adanya peningkatan namun dalam tingkat yang sedang atau tidak signifikan. Kata Kunci: Mastery Learning, Gaya Belajar Model Kolb, Cerpen

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Gaya Belajar Model Kolb, Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 09 Mar 2018 06:08
Last Modified: 09 Mar 2018 06:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year