Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Popiyanto, Yudha (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. INOVASI, XIX (2). pp. 109-115. ISSN 0854-4328

[img]
Preview
Text
JURNAL_YUDHA_FBS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik melalui pengaruh model problem based learning pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar (SD). Pelaksanaannya menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Pengolahan data menggunakan program SPSS 20.0 For Windows Evaluation Version. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 68,666 naik menjadi rata-rata posttest 86,166 yang peningkatannya relatif tinggi sebesar 17,5. Penelitian ini menyimpulkan model problem based learning meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar (SD). KataKunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 09 Mar 2018 06:03
Last Modified: 09 Mar 2018 06:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year