Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya

Thena, Budianto Martinus Delo (2018) Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
skripsi denis.pdf

Download (826kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Tena, Martinus Budiyanto Delo, 2018. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan siswa Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FBS UWKS, Pembimbing: (1 ) Dr. Fransiska Dwi Harjanti, M.Pd, (2) Diyas Age Larasati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Penggunaan Kata, Ejaan dan Kalimat bahasa Indonesia, Hasil Karangan siswa SD. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Alasanya karena belum disadari pentingnya membuat penelitian langsung tentang penggunaan Bahasa Indonesia untuk memperoleh data tentang apa saja menyangkut penggunaan kata, penggunaan ejaan dan penggunaan kalimat yang dilakukan oleh siswa dalam sebuah karangan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan data tentang penggunaan kata pada karangan siswa, (2) Mendeskripsikan data tentang penggunaan kalimat pada karangan siswa, dan (3) Mendeskripsikan data tentang penggunaan ejaan pada karangan siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakis V Surabaya. Jumlah siswa sebanyak 42, terdiri dari 27siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik yang digunakan sebagai langkah pengumpulan data yaitu dengan cara observasi siswa, penyajian soal dan menulis karangan. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen Soal. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kata pada karangan siswa terdapat 16 contoh kalimat yang ditemukan dari 38 karangan siswa. Pada penggunaan ejaan, terdapat 40 contoh penggunaan ejaan yang ditemukan dari 19 karangan siswa. Pada penggunaan kalimat, terdapat 37 contoh penggunaan kalimat yang ditemukan dari 21 karangan siswa. Beberapa faktor penyebab terjadinya penggunaan kata, ejaan dan kalimat yang tidak tepat adalah: (a) penyampaian materi kurang jelas dan terbentur waktu, (b) kurikulum tidak fleksibel dan mematok target pencapaian, (c) siswa kurang memahami dalam penggunaan kata, ejaan dan kalimat (d) waktu yang tersedia untuk menulis karangan dengan memperhatikan kata, ejaan dan kalimat sangat sedikit, (e) kebiasaan menggunakan bahasa daerah, dan (e) adanya pendapat bahwa : “Mengarang tidak tidak ada dalam soal Ujian Nasional”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Kata, Ejaan dan Kalimat bahasa Indonesia, Hasil Karangan siswa SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Martinus Budianto Delo Thena
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:01
Last Modified: 19 Sep 2018 07:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item