Pola interaksi sosial siswa autis di SDN Pakis V Surabaya

Kamlasi, Theresia (2018) Pola interaksi sosial siswa autis di SDN Pakis V Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Skripsi upload.pdf

Download (285kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Theresia. 2018. “Pola Interaksi Sosial Siswa Autis Di SDN Pakis V Surabaya”. Skirpsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I: Dra. Rida Wahyuningram, M.Pd., Dosen Pembimbing II : Endrayana Putut L.E., S.Si., M.Si. Interaksi sosial merupakan kunci utama dari semua kehidupan sosial, karena tanpa adanya interaksi tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Elemen penting terjadinya proses sosial di masyarakat adalah terjadinya interaksi sosial. Autis adalah "segala sesuatu yang mengarah pada diri sendiri". Anak yang mengalami autis menunjukkan kurang respon sosial terhadap orang lain, mengalami kendala berat dalam kemampuan komunikasi. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pola interaksi sosial siswa autis dengan siswa non autis, Bagaimana pola interaksi sosial siswa autis dengan guru, dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi interakso sosial siswa autis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola interaksi sosial siswa autis dengan siswa non autis, pola interaksi sosial anak autis dengan guru, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pola interaksi sosial siswa autis. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data yang kompleks, sebingga diperoleh makna yang mendalam tentang interaksi sosial anak autis. Subyek penelitian ini adalah 1 siswa autis yang bersekolah di SDN Pakis V Surabaya. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa : 1. Pola interaksi sosial siswa autis dengan siswa non autis meliputi kebiasaan untuk menyendiri, keterbatasan dalam melakukan kontak sosial dengan siswa lain, ekspresi wajah cenderung datar, perannya terbatas dalam aktifitas bersama dan bahasa komunikasi yang digunakan lebih mengarah pada komunikasi non verbal. 2. Pola interaksi sosial siswa autis dengan guru meliputi kecenderungan untuk untuk menjauhkan diri dari guru, terutama pada saat diluar kelas, tidak pernah menyapa guru pada saat bertemu, tidak merspon saat dipanggil, Subjek juga tidak memiliki minat untuk mengikuti guru, tidak melakukan kontak mata dengan guru sekalipun pada jam pelajaran. 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola interaksi sosial siswa autis diantaranya adalah imitasi yakni kecenderungan siswa autis untuk mengikuti sikap dan tindakan orang lain; sugesti yang berupa pengaruh yang ditimbulkan oleh tindakan orang lain; dan identifikasi yang ditunjukkan lewat bentuk interaksi sosial siswa autis yang cenderung lebih mengikuti apa yang disukainya. Kata Kunci : “Pola Interaksi. Interaksi Sosial, Siswa Autis”

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi. Interaksi Sosial, Siswa Autis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Theresia Kamlasi
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:06
Last Modified: 19 Sep 2018 07:06
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item