Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Menganti Gresik

Nurjannah, Yuyun (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Menganti Gresik. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
skripsi upload.pdf

Download (455kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada Siswa kelas V MI Miftahul Huda Menganti Gresik. Tahun ajaran 2017/2018. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan konvensional dan siswa pasif dalam pembelajaran. Penerapan pembelajaran menggunakan model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menimbulkan suasana kelas yang aktif serta kondusif sehingga aktivitas yang timbul dari siswa dapat membentuk pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Kooperatif Tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Siswa kelas V MI Miftahul Huda Menganti Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Kooperatif Tipe Jigsaw meningkat disetiap siklus. Hal tersebut dapat dilihat dan dibuktikan dari nilai presentase hasil pretest siklus I 32% dan hasil postest pada siklus I 72%. Kemudian dilakukan siklus II yaitu meningkat pada pretest siklus II 84% dan postest siklus II 100%. Peningkatan aktivitas guru hal tersebut dapat dilihat dan dibuktikan dari hasil skor siklus I yaitu 74% meningkat menjadi 92,3%. Peningkatan aktivitas siswa hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dari skor aktifitas siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 72% meningkat pada siklus II menjadi 88%. peningkatan respon siswa hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dari skor respon siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 96% meningkat pada siklus II menjadi 98%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yuyun Nurjannah
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:33
Last Modified: 19 Sep 2018 04:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item