Penggunaan media tiga dimensi pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tawangsari I, Sidoarjo

Dini, Elfira Dyan Novian (2018) Penggunaan media tiga dimensi pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tawangsari I, Sidoarjo. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dyan, Elfira. 2018. Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tawangsari I Sidoarjo. Pembimbing: (I) Amalia Chamidah, S.Pd., M.Pd dan (II) Anna Roosyanti, S.Pd., M.Pd Kata kunci: media tiga dimensi, bangun ruang, hasil belajar. Hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V SDN Tawangsari I masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya penggunaan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep-konsep pada materi bangun ruang. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sekaligus memperbaiki proses pembelajaran bangun ruang melalui penggunaan media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN tawangsari I Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN tawangsari I yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 17 siswa lakilaki dan 18 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes hasil belajar dan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V melalui penggunaan media tiga dimensi berupa model-model bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,38 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 64,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,3%. Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga meningkat. Peningkatan aktivitas guru yaitu dari siklus I sebesar 78,5% dengan kategori baik menjadi 89,5% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Peningkatan aktivitas siswa yaitu dari siklus I sebesar 52% dengan kategori cukup menjadi 78,5% pada siklus II dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media tiga dimensi, bangun ruang, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Elfira Dyan Novian Dini
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:50
Last Modified: 19 Sep 2018 04:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2315

Actions (login required)

View Item View Item