Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran matematika materi sudut pada siswa kelas III C SDN Pakis V Surabaya

Melyana, . (2018) Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran matematika materi sudut pada siswa kelas III C SDN Pakis V Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univesity.

[img] Text
SEBAGIAN.pdf

Download (431kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Melyana, 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperratif Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran Matematika Materi Sudut Pada Siswa Kelas IIIC SDN Pakis V Surabaya. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: Dra. Anik Kirana, M.Pd., Reza Syehma Bahtiar, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Ketuntasan Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru, Respon Siswa Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa. Penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan maka siswa akan lebih bersemangat untuk belajar dan hasil belajar pun dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendapatkan syarat ketuntasan belajar menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran matematika materi sidut. (2) untuk mendapatkan aktivitas guru menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran matematika materi sidut. (3) untuk mendapatkan aktivitas siswa menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran matematika materi sidut. (4) untuk mendapatkan respon siswa setelah selesai mengikuti pembelajaran dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran matematika materi sidut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIC sejumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan observasi. Pada teknik analisis data yaitu ketuntasan hasil belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian banyak siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hasil ketuntasan belajar siswa ada 29 siswa yang telah mencapai KKM dan 6 orang siswa yang belum mencapai KKM. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa terpenuhi sebesar 82,8%. Data observasi aktivitas guru mengelolah pembelajaran kooperatif tipe make a match termasuk dalam kategori baik sekali dengan rata-rata keseuluruhan 89,9%, data hasil observasi aktivitas siswa selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung termasuk kategoti aktif dengan rata-rata 80,3%, dan hasil kuesioner respon siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe make a match sebesar 79,9%, sehingga dapat dikategorikan kuat (positif). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal dinyatakan tuntas. Aktivitas guru termasuk dalam kategori baik sekali. Pada aktivitas siswa dinyatakan aktif. Sedangkan respon siswa termasuk dalam kategori positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Ketuntasan Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru, Respon Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Melyana .
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:13
Last Modified: 19 Sep 2018 04:13
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item