Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa Kelas V SD Al-Manar Surabaya

Chasanah, Lailatul (2018) Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa Kelas V SD Al-Manar Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (964kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Chasanah, Lailatul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V SD Al-Manar Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I: Dra. Marmi, M.Si. Dosen Pembimbing II: Hery Setiyawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA, dan Perubahan Wujud Benda Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Metode ceramah mempunyai sifat searah sehingga siswa akan lebih merasa cepat bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran lain agar siswa lebih aktif, tidak cepat merasa bosan, dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah model pembelajaran snowball Throwing. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh dikarenakan proses pembelajarannya menarik sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA materi Perubahan Wujud Benda dan mengetahui motivasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas V SD Al- Manar Surabaya. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah adalah model pembelajaran dengan menggunakan kertas berisi pertanyaan yang digulung sehingga menyerupai bola. Kertas tersebut lalu dilempar ke temannya dan teman yang mendapat lemparan harus menjawab pertanyaan yang ada di dalam bola kertas tersebut. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Al-Manar Surabaya yang terdiri dari 2 kelas. Pemilihan sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik nonprabability sampling dengan teknik sampling jenuh dan terpilih kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar tes dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis Uji Independent Samples T-test menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,024 < 0,05. Artinya H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Al-Manar Surabaya. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata presentase 87.94% yang menunjukkan motivasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran snowball throwing sangat tinggi sesuai dengan tabel kategori tingkat motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA, dan Perubahan Wujud Benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science
Depositing User: Lailatul Chasanah
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:20
Last Modified: 18 Sep 2018 03:20
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item