Penerapan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Mengenal Sifat-Sifat Benda Siswa Kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo

Kusumawardani, Dinda Ayu (2018) Penerapan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Mengenal Sifat-Sifat Benda Siswa Kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kusumawardani, Dinda Ayu. penerapan media Mind Mapping utnuk meningkatkan hasil belajar IPA pada Materi Mengenal Sifat-sifat Benda Siswa kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing (I) Noviana Desiningrum, S.Pd, M.Pd (II) Savitri Suryandari, S.Psi, M.Psi. Kata Kunci : Media Pembelajaran Mind Mapping, hasil belajar IPA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada Siswa kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo Tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini disebabkan karna pembelajaran masih menggunkan model konvensional dan siswa pasif dalam pembelajaran. Penerapan pembelajaran menggunakan media Mind Mapping dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menimbulkan suasana kelas yang aktif serta kondusif sehingga aktivitas yang timbul dari siswa dapat membentuk pengetahuan dan keterampilan yang mengarah pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media Mind Mapping utnuk meningkatkan hasil belajar IPA pada Materi Mengenal Sifat-sifat Benda Siswa kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan selama 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pembelajaran IPA melalui media Mind Mapping meningkat disetiap siklus. Hal tersebut dapat dilihat dan dibuktikan dimana peneliti melakukan penelitian dikelas II-B dimana kelas itu berjumlah 23 Siswa, dari nilai rata-rata pretest siklus 1 adalah 39% dan postest siklus 1 74% lalu dilakukan siklus II yaitu meningkat pada pretest siklus II 78% dan post test siklus II 100%. dan peningkatan aktivitas siswa hal ini data dapat dilihat dan dapat dibuktikan dari skor aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 68% meningkat pada siklus II menjadi 78%, dan peningkatan aktivitas guru hal tersebut dapat dilihat dan dibuktikan dari hasil skor siklus I 65% meningkat menjadi 70.50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Mind Mapping, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Dinda Ayu Kusumawardani
Date Deposited: 17 Sep 2018 06:22
Last Modified: 17 Sep 2018 06:22
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year