Maharani, Silvia (2025) Pola Struktur Wacana Kelas Dalam Interaksi antara Guru dan Siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
![]() |
Text
Jurnal Skripsi Silvia.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang serangkaian struktur interaksi di kelas yang terjadi antrara guru dan siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan model pembukaan ( opening ) yang terjadi dalam interaksi antara guru dan siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya, (2) Untuk mendeskripsikan model penjawaban ( answering ) yang terjadi dalam interaksi antara guru dan siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya, (3) Untuk mendeskripsikan model tindak lanjut ( follow up ) yang terjadi dalam interaksi antara guru dan siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Penelitian ini masuk dalam jenis studi kajian wacana kelas yang mengambil lokasi di SMA Hang Tuah 4 Surabaya, data yang ditemukan dalam penelitian ini berupa serangkaian struktur interaksi antara guru dan siswa yang meliputi pembuka, penjawaban, dan penutupan. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam lalu ditranskripsi menjadi bentuk tulisan, dipilah kemudian dianalisis dengan teori wacana kelas Ramirez. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa interaksi antara guru dan siswa menunjukkan pola pertukaran yang merujuk pada pembahasan inti dari materi yang diajarkan. Guru juga bertanya mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Percakapan di kelas menunjukkan peran guru dominan, siswa berbicara ketika ada pertanyaan yang diajukan oleh guru selebihnya siswa hanya diam termenung dengan mendengar penjelasan dari guru. Kemudian guru memberi respon lanjutan kepada siswa sebagai tambahan informasi agar siswa dapat menambah wawasan dan memperkaya ilmu pengetahuan.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program |
Depositing User: | Silvia Maharani Silvi |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 06:12 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year