Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Pokok Bahasan Pecahan Sederhana Kelas III Sdn Tanjungsari 1 Sidoarjo

Rahmadani, Aprianti (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Pokok Bahasan Pecahan Sederhana Kelas III Sdn Tanjungsari 1 Sidoarjo. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (958kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Rahmadani, Aprianti. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Pokok Bahasan Pecahan Sederhana Kelas III SDN Tanjungsari I Sidoarjo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pemimbing (I) Dra. Anik Kirana, M.Pd (II) Noviana Desiningrum, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ((Team Games Tournament), Pecahan Sederhana. Pada pembelajaran sekolah dasar merupakan masa penanaman pondasi untuk membangun konsep yang mendasar yang nantinya akan dikembangkan untuk materi pembelajaran berikutnya. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dapat membantu siswa untuk memahami konsep dalam matematika salah satunya operasi pecahan sederhana. Pecahan sederhana termasuk yang sulit untuk dipahami sebagian siswa. Ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang duduk di tingkatan tinggi sekolah dasar sebagian belum menguasai pokok bahasan pecahan sederhana ini, sehingga mereka banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari topik matematika yang lebih tinggi. Melalui model pembelajaran yang efektif serta bimbingan guru diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari pecahan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada pokok bahasan pecahan sederhana kelas III SDN Tanjungsari I Sidoarjo. Indikator keefektifan pembelajaran meliputi empat aspek yaitu ketuntasan hasil belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes untuk ketuntasan hasil belajar, metode observasi aktivitas guru, metode observasi aktivitas siswa, dan metode angket siswa untuk respon siswa. Hasil penelitian ini (1) Ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Tanjungsari I Sidoarjo dikatakan tuntas dengan presentase sebesar 82,60% (2) Presentase aktivitas guru termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai presentase sebesar 81,6% (3) Presentase aktivitas siswa kelas III SDN Tanjungsari I Sidoarjo termasuk dalam kategori aktivitas siswa yang aktif dengan nilai presentase sebesar 85,4% (4) Respon siswa kelas III SDN Tanjungsari I Sidoarjo positif dengan presentase sebesar 60% memberikan dukungan kuat dan 40% memberikan dukungan sangat kuat. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada pokok bahasan pecahan sederhana kelas III SDN Tanjungsari I Sidoarjo berlangsung secara efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament), Pecahan Sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Aprianti Rahmadani
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:49
Last Modified: 17 Sep 2018 02:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item