Wijaksono, Roby Dwi Wimbo (2025) Game Pembelajaran Multiplayer Tebak Menggambar Rumah Adat Berbasis Web. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (864kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya, termasuk rumah adat yang mencerminkan identitas dan nilai budaya masing-masing daerah. Namun, di era globalisasi, minat generasi muda terhadap warisan budaya lokal semakin berkurang, terutama karena metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Pada game rumah adat yang sudah ada juga aktivitas cenderung pasif, seperti memilih jawaban, mengeksplorasi peta, atau membaca deskripsi. Maka dengan mengembangkan Game Pembelajaran Multiplayer Tebak menggambar rumah adat Berbasis Web bertujuan sebagai media pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang menarik, dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar (SD). Game ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, Testing, dan distribution. Dengan fitur Multiplayer dan leaderboard, Game ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya Indonesia secara menyenangkan. Game ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai sarana edukasi budaya. Dalam game ini dilakukan pengujian melalui dua tahap alpha testing oleh tim pengembang dan beta testing kepada 42 responden yang terdiri dari siswa SD dan pengguna umum. Evaluasi dilakukan menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk mengukur kepuasan pengguna dari aspek kemudahan penggunaan, manfaat edukatif, tampilan visual, dan kejelasan informasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game mendapatkan respon positif dengan rata-rata skor di atas 4 dari skala Likert 1–5 untuk seluruh indikator. Hal ini membuktikan bahwa game ini mampu menjadi media pembelajaran yang interaktif, menyenangkan dalam memperkenalkan budaya rumah adat Indonesia kepada generasi muda.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game pembelajaran, rumah adat, siswa SD, Web-based Game Multiplayer |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program |
Depositing User: | Roby Dwi Wimbo Wijaksono |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 02:59 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 02:59 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year