analisis tingkat kepuasan pengguna pada layanan sirkulasi berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (ikm) di perpustakaan universitas islam negeri sunan ampel surabaya

Cahyani, Zenni Eka (2025) analisis tingkat kepuasan pengguna pada layanan sirkulasi berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (ikm) di perpustakaan universitas islam negeri sunan ampel surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf

Download (177kB)

Abstract

Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Kepuasan Pengguna, Layanan Sirkulasi, Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat menyimpan dan mencari buku. Namun, telah berubah menjadi tempat yang dimana untuk mencari dan mendapatkan segala informasi. Di dalam perpustakaan, layanan sirkulasi menghubungkan antara pustakawan dan pemustaka dalam kegiatan peminjaman, pengembalian, perpanjangan, pembayaran denda keterlambatan hingga pembuatan kartu anggota dan surat keterangan bebas pinjam. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna pada layanan sirkulasi berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan variabel unsur pelayanan sirkulasi, terdiri dari sub variabel sistem layanan sirkulasi, pembayaran denda keterlambatan, dan proses pembuatan kartu anggota perpustakaan dan surat keterangan bebas pinjam perpustakaan. Populasi penelitian mencakup pengguna yang berkunjung di perpustakaan, dan sampel yang valid yakni sejumlah 81 responden. Metode sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, kuesioner melalui google form kepada mahasiswa/i. Analisis data menggunakan pengukuran Standar IKM dengan bantuan Microsoft Excel untuk menghitung presentase, rata-rata, dan konversi Nilai IKM kemudian disajikan dalam bentuk tabel serta di analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap sistem layanan sirkulasi dengan nilai IKM 80,75 mutu pelayanan B kategori Baik/Puas. Kepuasan pengguna terhadap layanan pembayaran denda keterlambatan dengan nilai IKM 79,75 mutu layanan B dengan kategori Baik/Puas. Kepuasan pengguna terhadap proses pembuatan kartu anggota perpustakaan dan surat keterangan bebas pinjam perpustakaan dengan nilai IKM 80,50 mutu pelayanan B kategori Baik/Puas. Secara keseluruhan tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya menunjukkan Nilai IKM 80,30 Mutu Layanan B Kategori Baik/Puas.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Zenni Eka Cahyani
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:51
Last Modified: 10 Oct 2025 02:51
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year