Pengaruh Pengunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Matematis dan Antusiasme Peserta Didik Materi Trigonometri di SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Tyas, Noer Caries Puspitaning (2025) Pengaruh Pengunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Matematis dan Antusiasme Peserta Didik Materi Trigonometri di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LAPORAN PLAGIASI 1.pdf

Download (55kB)
[img] Text
LAPORAN PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis dan antusiasme peserta didik. Penelitian dilakukan di kelas X SMA dengan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Geogebra dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal post-test untuk mengukur kemampuan matematis dan angket untuk mengukur antusiasme peserta didik. Hasil analisis dari uji Mann Whitney – U dengan nilai signifikan untuk kemampuan matematis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.000, dan untuk antusiasme diperoleh Asymp. Sig. = 0.001. Karena nilai Sig. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Geogebra berpengaruh signifikan terhadap kemampuan matematis dan antusiasme belajar peserta didik.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Geogebra, Kemampuan Matematis, Antusiasme Peserta Didik, Pembelajaran Matematika, Trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Noer Caries Puspitaning Tyas
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:03
Last Modified: 18 Sep 2025 07:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year