Rachmawati, Cici Aulia (2025) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Matriks Berdasarkan Prosedur Newman. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks. Untuk mengidentifikasi jenis dan penyebab kesalahan, digunakan prosedur Newman yang mencakup lima tahapan: membaca, memahami, transfomasi, kemampuan proses, dan penulisan jawaban. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan enam subjek peserta didik kelas XI-10 yang terdiri dari dua peserta didik berkemampuan tinggi, dua peserta didik berkemampuan sedang, dan dua peserta didik berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik berkemampuan tinggi melakukan tiga jenis kesalahan: memahami, transformasi, dan penulisan jawaban. Penyebabnya antara lain lupa dan sudah merasa jelas pada soal, ragu dan lupa menggunakan metode sarrus, sudah hafal persamaannya, lupa dan buru-buru tidak menuliskan hasil akhir. Peserta didik berkemampuan sedang melakukan empat jenis kesalahan: memahami, transformasi, kemampuan proses, dan penulisan jawaban, dengan penyebab seperti lupa, tidak terbiasa, dan lebih senang mengerjakan langsung daripada menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, sudah hafal saat mengubah suatu bentuk matematika ke bentuk lainnya, lebih menyukai dan lebih paham metode lain, sudah hafal persamaannya, terburu-buru, kurang teliti, merasa jawaban akhir sudah mewakili kesimpulan, terburu-buru, dan waktu sudah habis. Sementara itu, peserta didik berkemampuan rendah mengalami kelima jenis kesalahan: membaca, memahami, transformasi, kemampuan proses, dan penulisan jawaban, dengan penyebab seperti bingung dalam mengartikan kata-kata dalam soal, buru-buru, lupa, waktu sudah habis, memilih metode yang lebih mudah, bingung, dan kurang paham. Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah kemampuan peserta didik, semakin banyak jenis kesalahan yang dilakukan dan faktor penyebabnya kesalahan juga bervariasi tergantung pada kemampuan masing-masing peserta didik.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Matriks, HOTS, Prosedur Newman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | 63 Cici Aulia Rachmawati UWKS |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:32 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:32 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year