PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VII SMP NU BAHRUL ULUM

Wulandari Melsi, Melsi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VII SMP NU BAHRUL ULUM. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
abstrak 1.pdf

Download (516kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
daftar pustaka (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
Artikel Melsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
Official URL: https://uwks.ac.ad

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VII SMP NU BAHRUL ULUM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) terhadap berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa pada materi Sel Hewan dan Tumbuhan. Metode yang digunakan adalah desain quasi eksperimen jenis pretest posttest control group design. Prosedur yang dilakukan dengan pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran, pemberian posttes, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP NU Bahrul Ulum Gresik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 10 soal, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t pada taraf signifikan, didapat hasil thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) terhadap berpikir kreatif peserta didik pada materi Sel Hewan dan Tumbuhan SMP NU Bahrul Ulum Gresik. Kata kunci: Project based learning (pjbl), berpikir kritis dan berpikir kreatif.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program
Depositing User: 2164 Wulandari Melsi
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:45
Last Modified: 01 Aug 2025 03:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year