Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada kelas V SDN Babat Jerawat 1 Surabaya

Fernando, Rio Hari (2018) Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada kelas V SDN Babat Jerawat 1 Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
14650022_(RIO_HARI_FERNANDO)_[1].pdf

Download (536kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Fernando, Rio Hari. 2018. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Kelas V SDN Babat Jerawat I Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Sarjana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: (I)Meilantifa, S.Pd., M.Pd, (II)Leni Yuliana, S.Pd., M.Pd.. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Matematika, materi bangun ruang Pembelajaran matematika siswa tidak hanya diberi pengetahuan saja atau berbagai teori, tetapi melibatkan siswa secara aktif. Salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran students centermelalui metode demonstrasi. Pembelajaran ini dapat memperagakan dan menunjukkan proses pembelajaran yang interaktif, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menjelaskan ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN Babat Jerawat I Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan dua sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode demonstrasi dan kelas kontrol menggunakan diskusi kelompok. Hasil belajar pada kedua kelas tersebut diukur melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t testdan diolah dengan bantuan komputer program SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Apabila dianalisis menggunakan independent sample t test, perbedaan tersebut menunjukkan nilai ρ-level 0,006. Nilaiρ-level tersebut lebih kecil dari 0,05 (ρ<0,05). Hipotesis ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) pada kelas eksperimen adalah 83,63 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 75,25.Jadi kesimpulannyaada pengaruh metodedemonstrasi terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini maka metode demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dan referensi dalam mengembangkan hasil belajar matematika.Bagi peneliti selanjutnya, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan dan perbandingan penelitian-penilitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Matematika, materi bangun ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Rio Hari Fernando
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:44
Last Modified: 10 Sep 2018 08:44
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item