Perbandingan efektivitas antara media audio visual dengan media gambar terhadap hasil belajar kenampakan alam siswa kelas V SDI An Nur Surabaya

Salsabila, Uzlifatin Nur (2018) Perbandingan efektivitas antara media audio visual dengan media gambar terhadap hasil belajar kenampakan alam siswa kelas V SDI An Nur Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Skripsi Lengkap-1-17.pdf

Download (627kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Salsabila, Uzlifatin Nur. 2018, : “Perbandingan Efektivitas Antara Media Audio Visual dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kenampakan Alam Siswa Kelas V SDI An Nur Surabaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing(I):Drs.Sunaryo, M.Kes. Dosen Pembimbing(II):Jarmani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Efektifitas, Media Audio Visual, Media Gambar, Hasil Belajar. Dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDI An-Nur Surabaya karena guru sering menerapkan media gambar salah satunya di kelas V. Siswa kelas V SDI An-Nur yang aktif, mempunyai rasa keingin-tahuan yang besar dan menyukai gambar yang menarik. Menjadikan media audio visual merupakan salah satu media yang tepat untuk diterapkan terutama pada materi kanampakan alam. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan efektifitas antara media audio visual dengan media gambar terhadap hasil belajar kenampakan alam siswa kelas V SDI An-Nur Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDI An-Nur Surabaya yang berjumlah 38. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan hasil belajar materi kenampakan alam dengan menggunakan media audio visual diperoleh hasil rata-rata 84,47. Sedangkan, hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar diperoleh hasil rata-rata 73,94. Dari hasil diatas dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan media audio visual lebih baik dan efektif dibandingkan dengan kelas yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Audio Visual, Media Gambar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Uzlifatin Nur Salsabila
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:56
Last Modified: 10 Sep 2018 08:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item