Penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA materi pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V SDN 2 Karangan Kidul Benjeng Gresik

Mariani, Indriawati (2018) Penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA materi pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V SDN 2 Karangan Kidul Benjeng Gresik. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
MARIANI INDRIAWATI - 14650024-1-14.pdf

Download (649kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Indri.2018. Perbandingan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kelas V Di SDN 2 Karangan Kidul Benjeng Gresik.Pembimbing (I) Drs.Tri Dayat, M.Pd dan (II) Friendha Yuanta, S.Pd, M.Pd. Dilatar belakangi rendahnya hasil belajar IPA tentang makanan sehat bagi tubuh pada siswa kelas V SDN 2 Karangan Kidul, karena selama ini di SDN tersebut belum pernah menggunakan medel pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan perbaikan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA materi pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V di SDN 2 KaranganKidul Benjeng-Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 2 KaranganKidul Benjeng-Gresik sebanyak 40 siswa yang terdiri atas dua kelas paralel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 91,00 sedangkan kelas kontrol 75,5 dari uji statistik menggunakan uji-t, menunjukkan H0 di tolak dan H1 diterima yang menjelaskan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran pentingnya makanan sehat bagi tubuh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Pengaruh model problem based learning, hasil belajar, makanan sehat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh model problem based learning, hasil belajar, makanan sehat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Mariani Indriawati
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:00
Last Modified: 10 Sep 2018 09:00
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year