Hubungan Penyakit Penyerta Dengan Tingginya Angka Kematian Pasien Covid 19 Di Puskesmas Kepatihan, Gresik (Relationship between comorbidities and the high mortality rate of Covid 19 patients at Kepatihan Health Centre, Gresik”.

Herliani, Olivia (2024) Hubungan Penyakit Penyerta Dengan Tingginya Angka Kematian Pasien Covid 19 Di Puskesmas Kepatihan, Gresik (Relationship between comorbidities and the high mortality rate of Covid 19 patients at Kepatihan Health Centre, Gresik”. Univ.Wijaya Kusuma Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
4. COVER DAN NASKAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Latar Belakang: Pandemi Covid-19 berdampak luas di bidang kesehatan dan Masyarakat, Komorbid atau penyakit penyerta dapat menjadi faktor risiko terinfeksi covid-19 serta dapat memperparah kondisi orang yang telah terinfeksi COVID-19. Tujuan: penelitian ini bertujuan adalah hubungan penyakit penyerta dengan tingginya angka kematian pasien Covid-19 di Puskesmas Kepatihan, Gresik pada tahun 2019 – 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik cross sectional, Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kepatihan Gresik yang Covid-19 tahun 2019-2021 sebanyak 809 orang. Dihitung menggunakan rumus slovin dengan teknik simple random sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 75 orang responden. Penelitian menggunakan data sekunder dan analisis yang digunakan adalah uji chi square. Hasil: sebagian besar responden dalam penelitian ini adalah responden dengan kematian pasien Covid 19 memiliki komorbid yaitu sebanyak 43 responden atau 57,3%, sebagian besar responden dalam penelitian ini adalah responden dengan tidak memiliki hipertensi yaitu sebanyak 55 responden atau 73%, sebagian besar responden dalam penelitian ini adalah responden dengan tidak memiliki DM yaitu sebanyak 51 responden atau 68%, dan sebagian besar responden dalam penelitian ini adalah responden dengan tidak memiliki Asma yaitu sebanyak 63 responden atau 84% kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan penyakit penyerta dengan tingginya angka kematian pasien Covid-19 di Puskesmas Kepatihan, Gresik pada tahun 2019 – 2021 karena memiliki nilai p-value <0,05. Kesimpulan: Berdasarkan hasil pernerlitian dan permbahasan pada bab serberlurmnya, maka dapat disimpurlkan bahwa terdapat hubungan antara hipertensi, diabetes mellitus (DM), dan asma dengan kasus kematian akibat Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Gresik tahun 2019-2021. Kata Kunci: covid-19, komorbid, kematian pasien

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 10 Jul 2024 10:08
Last Modified: 10 Jul 2024 10:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18448

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year