PERANCANGAN SERIOUS GAME PENGOLAHAN TANAH MENGGUNAKAN BAJAK SINGKAL BERBASIS FUZZY

gunawan, agung hendra (2024) PERANCANGAN SERIOUS GAME PENGOLAHAN TANAH MENGGUNAKAN BAJAK SINGKAL BERBASIS FUZZY. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK AGUNGHENDRA-1-12.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PERSENTASE FULL TEXT.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PERSENTASE.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pada pembuatan Serious Game bertemakan bajak singkal banyak faktor pendukung untuk memenuhi tujuan sebagai sarana pelatihan. sehingga dapat menampilkan gambaran keadaan senyata mungkin pada saat menjalankannya. Salah satunya porositas tanah, dalam Penelitian ini menjelaskan bagaimana Penerapan Fuzzy Logic pada Serious Game bajak singkal untuk memprediksi pada proses pengambilan keputusan yang akan di buat pada Unity Engine . Fuzzy Logic sendiri Metode ini dipilih karena sifatnya yang fleksibel, dan memiliki toleransi pada data yang ada. Kelebihan dari metode ini yaitu lebih cepat dalam melakukan komputasi, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak. Oleh karena itu, model tersebut dapat digunakan untuk merancang Game serius yang nyata berdasarkan teori dan data. Berdasar penelitian ini yang dimulai dari pembuatan skenario game, analisa kebutuhan, desain berbagai faktor pendukung, dan pembuatan algoritma Fuzzy. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini adalah berhasil nya implemmentasi algoritma Fuzzy Logic pada Game Bajak Singkal senyata mungkin, seperti perubahan tanah jika gembur, sedikit gembur, dan sangat gembur secara langsung, hingga adanya suara traktor berjalan sehingga player dapat memainkan secara maksimal sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Serious Game , porositas tanah, Fuzzy Logic, Unity Engine.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Agung Hendra Gunawan
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:31
Last Modified: 04 Jul 2024 02:31
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18366

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year