Pramitasari, Dini Ayu (2018) Penerapan balanced scorecard sebagai sistem manajemen kinerja untuk meningkatkan jasa pelayanan kesehatan pada RSUD Bhakti Dharma Husada. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (678kB) |
Abstract
Rumah sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada Surabaya (RSUD. Bhakti Dharma Husada Surabaya) sebagai rumah sakit milik Pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini membahas tentang Penerapan Balanced Scorecard sebagai sistem manajemen kinerja untuk meningkatkan jasa pelayanan kesehatan pada RSUD Bhakti Dharma Husada.Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi manajemen kinerja untuk meningkatkan jasa pelayanan kesehatan pada RSUD Bhakti Dharma Husada dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Untuk memetakan masing-masing kedalam empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui RSUD Bhakti Dharma Husada Memiliki isu strategis perspektif pelanggan yaitu peningkatan kepuasan pelanggan dan peningkatan jumlah pasien. Perspektif Bisnis Internal, yaitu peningkatan mutu pelayanan yang berkualitas, cepat,ramah dan profesional, peningkatan pelayanan administrasi peningkatan pemeliharaan fasilitas rumah sakit sesuai standar. Perspektif keuangan yaitu ada penurunan pendapatan pada tahun 2017 disebabkan adanya kegiatan renovasi kamar operasi yang berpengaruh pada jam layanan kamar operasi lebih sedikit. Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan, yaitu peningkatan kapabilitas tenaga, peningkatan kesejahteraan karyawan, dan perlu adanya penambahan fasilitas apotik, Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan dapat meningkatkan kualitas jasa/ layanan dan strategi mempertahankan kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Balanced Scorecard, strategi pelayanan, kualitas pelayanan kesehatan RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya is a public hospital owned by Government of Surabaya City. The research discussed about implementation of balanced scorecard as a performance management system to improve health services at RSUD Bhakti Dharma Husada.This study is aimed at developing strategy management performance to improve health services at RSUD Bhakti Dharma Husada using the concept of balanced scorecard that maps each of four perspectives: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, as well as learning and growth perspective.This study used qualitative research method with descriptive research type the data obtained through the process of observation. According to the result of this study, the customer perspective of RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya Comprises the increase of customer satisfaction and number of patients, internal business perspective comprises the enchncement of service and administrative quality. Financial perspective is that there is a decrease in income in 2017 due to operating room renovation activities that affect less hours of operating room service. Learning and growth perspective, namely the improvement of personnel capabilities, improving employee welfare, and the need for additional facilities pharmacies, By using the Balanced Scorecard is expected to improve the quality of services / services and strategies to maintain customer satisfaction. Keywords: Balanced Scorecard, service strategy, quality of health service
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, strategi pelayanan, kualitas pelayanan kesehatan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program |
Depositing User: | Dini Ayu Permatasari |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 06:29 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 06:29 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1833 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year