Hartanto, Deddy (2023) Implementation Of PBL As An Effort To Improve Students' Collaboration Skills. Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. (Unpublished)
Text
2. Cek Plagiasi_Implementation Of PBL As An Effort To Improve Students' Collaboration Skills.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa kelas imunologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan kolaborasi mahasiswa pada saat belajar secara berkelompok materi imunologi infeksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Kedokteran tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata persentase keterampilan kolaborasi untuk tiap siklus meningkat dari siklus I yaitu 56% dengan kategori cukup menjadi 72% pada siklus II dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa di kelas imunologi infeksi. Keywords: PBL, Imunologi Infeksi, Model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine > Medicine Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:33 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:33 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18276 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year