Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi

Christaningtyas, Windi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (475kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Teks Deskripsi Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa Indonesia kelas VII-B SMP Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi, keterampilan menulis teks deskripsi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi siswa masih kurang dan kemampuan siswa membentuk kalimat-kalimat masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Wongsorejo Banyuwangi. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi mengalami peningkatan dengan nilai tes prasiklus siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,2. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 68,97. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,78 sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,79. Hasil tes siklus II tersebut menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami perubahan kearah positif.. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Wongsorejo. Saran untuk guru bahasa Indonesia agar menggunakan dan menerapkan model pembelajaran explicit instruction dalam menulis teks deskripsi. Bagi peneliti dibidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Teks Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: Windi Christaninstyas
Date Deposited: 07 Sep 2018 05:49
Last Modified: 07 Sep 2018 05:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item