EFEKTIFITAS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SATWA LUTUNG JAWA (Trachypithecus auratus) OLEH BALAI BESAR KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA TIMUR

Sandi, Ifan Tri De (2024) EFEKTIFITAS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SATWA LUTUNG JAWA (Trachypithecus auratus) OLEH BALAI BESAR KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA TIMUR. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
BAB I IPAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II IPAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB III IPAN.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB IV IPAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR BACAAN IPAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DRAFT AWAL IPAN.pdf

Download (981kB)
[img] Text
jurnal ifan tri de sandi.pdf

Download (789kB)
[img] Text
TURNITIN FULL.docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TURNITIN PERSEN .docx.pdf

Download (9kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Perlindungan terhadap satwa lutung jawa (Trachypithecus Auratus) adalah suatu implementasi dari aturan hukum formil dan materiil bagi instansi yang berwenang dalam menyelenggarakan perlindungan satwa liar. Perbuatan membunuh satwa dilindungi khususnya lutung jawa merupakan pelanggaran terhadap Pasal 21 Ayat (2) Undang- Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya. Peran pemerintah dalam rangka pengawasan kehutanan telah termaktub dalam Pasal 60 ayat (1) Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang kehutanan yang menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib melakukan pengawasan kehutanan. Selain itu, Berdasarkan Pasal 11 Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan Dan Satwa, Pemerintah juga dapatmelakukan pemantauan untuk mengetahui kecenderungan perkembangan populasi jenis tumbuhan dan satwa dari waktu ke waktu.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bentuk-bentuk perlindungan yang diberikan terhadap lutung jawa (Trachypithecus Auratus). Sehingga dalam hal ini, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur merupakan instansi yang memiliki peran penting dalam perlindungan terhadap satwa lutung jawa. Metode penelitian ialah suatu formalisasi dari proses berfikir untuk memecahkan masalah. Penulis menggunakan tipologi penelitian normatif empiris yang mana memiliki pengertian sebagai penelitian hukum sosiologis yang bisa juga disebut sebagai penelitian lapangan, mempelajari ketentuan aturan yang berjalan di masyarakat dan sesuaiyang ada di lingkungan masyarakat. Metode pendekatan yang penulis gunakan ialah pendekatan kualitatif terhadap data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan/dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam memberikan perlindungan terhadap lutung jawa (Trachypithecus Auratus), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur bekerja sama dengan Javan Langur Center - The Aspinall Foundation sebagai lembaga swadaya masyarakat yang mana menjadi pusat rehabilitasi untuk satwa lutung jawa. Rehabilitasi yang dilakukan bertujuan untuk memulihkan kondisi lutung jawa dari hasil tangkap tangan dan sitaan masyarakat secara optimal bagi satwa lutung jawa (Trachypithecus Auratus) agar dapat dikembalikan ke habitat aslinya guna mempertahankan populasinya di alam serta memulihkan ekosistem hutan. Kata Kunci : Perlindungan, Lutung Jawa, Rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Law Sciences Study Program
Depositing User: SH Ifan Tri
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:30
Last Modified: 18 Apr 2024 07:30
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18011

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year