TUGAS DAN FUNGSI BADAN PENGAWAS PEMILU JAWA TIMUR (Studi Kasus Terhadap Upaya Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 di Jawa Timur)

Putry, Rizky Pangestuty Mileniandry (2024) TUGAS DAN FUNGSI BADAN PENGAWAS PEMILU JAWA TIMUR (Studi Kasus Terhadap Upaya Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 di Jawa Timur). [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
Skripsi_Rizky Pangestuty_(Abstrak).pdf

Download (650kB)
[img] Text
Skripsi_ Rizky Pangestuty_(BAB I).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Rizky Pangestuty_ (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_ Rizky Pangestuty_(BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Rizky Pangestuty_(BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_ Rizky Pangestuty_(DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Rizky Pangestuty_(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
Turnitin Skripsi Rizky - politik_persentase.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Turnitin Skripsi Rizky - politik_13%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel Skripsi_Rizky Pangestuty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Tugas dan Fungsi Badan Pengawas pemilu Jawa Timur Terhadap Upaya Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 di Jawa Timur. Fokus penelitian mencakup analisis terhadap tindakan preventif Bawaslu, penindakan terhadap pelanggaran pemilu dalam menjaga integritas pemilihan umum. Dalam latar belakang, dijelaskan bahwa Bawaslu memiliki peran penting sebagai pengawas, eksekutor, dan pemutus perkara pemilu berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017. Meskipun Bawaslu Jawa Timur telah melakukan inovasi dan upaya preventif melalui pengawasan partisipatif, data menunjukkan adanya kasus pelanggaran pemilu pada pemilihan sebelumnya. Oleh karena itu, pemilu serentak 2024 menjadi tantangan tambahan bagi Bawaslu, terutama di tingkat provinsi yang telah memiliki catatan pelanggaran sebelumnya. Rumusan masalah mencakup pertanyaan seputar tugas dan fungsi Bawaslu Provinsi Jawa Timur dalam mencegah potensi pelanggaran pemilu serta langkah penindakan yang diambil terhadap pelanggaran tersebut. Tujuan penelitian meliputi pemahaman lebih lanjut terhadap tugas dan fungsi Bawaslu serta evaluasi terhadap efektivitas penindakan terhadap pelanggaran pemilu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumen pribadi, dan dokumen resmi Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bawaslu memiliki peran kritis dalam menjaga integritas pemilu dengan tugas preventif yang kuat, seperti sosialisasi, pembentukan tim pengawasan, dan kerjasama dengan eksternal. Sosialisasi peran dan fungsi Bawaslu kepada masyarakat menjadi kunci dalam mencegah potensi pelanggaran pemilu. Selain itu, penelitian menyoroti langkah-langkah penindakan yang melibatkan proses temuan, klarifikasi, analisis, dan rekomendasi. Penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana Bawaslu Provinsi Jawa Timur menjalankan tugas dan fungsi pengawasan pemilu serta mengatasi potensi pelanggaran. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya terus meningkatkan peran sosialisasi Bawaslu kepada masyarakat guna menciptakan pemilu yang berjalan dengan lancar, bebas, jujur, dan adil.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Polotical Science Study Program
Depositing User: Rizky pangestuty mileniandry putry Putry
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:41
Last Modified: 12 Jun 2024 03:41
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17895

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year