Peningkatan Kompetensi Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas Xi Otkp 1 Smk Kawung 2 Surabaya

Venita, Putri Peningkatan Kompetensi Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas Xi Otkp 1 Smk Kawung 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dil. (Unpublished)

[img] Text
Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, tugas proyek dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatis Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi menulis cerita pendek dengan menngunkaan model project based learning (pjbl) pada hasil belajar siswa kelas XI SMK Kawung 2 Surabaya serta implementasi model pembelajaran project based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning pada mata pembelajaran menulis cerita pendek dapat meningkatkan presentase hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase belajar siswa siklus I sebesar 56,76% dan meningkat pada siklus II menjadi 82%. Sedangkan presentasi ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 14,29% dan meningkat pada siklus II 100% dimana 21 siswa nilanya dinyatakan sudah tuntas. Terdapat peningkatan sebasar 25,24% dari hasil belajar siswa menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (pjbl)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kompetensi, menulis, teks cerita pendek, model pembelajaran, project based learning (pjbl)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: Putri Venita -
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:27
Last Modified: 05 Apr 2024 02:27
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year