Pembelajaran Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction

Soewardini, Herfa Maulina Dewi (2019) Pembelajaran Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction. Univ. Muhammadiyah Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
24. REVIEWER.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran aritmatika sosial merupakan pembelajaran yang banyak menerapkan soal cerita sehingga menurut siswa itu sulit untuk menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Oleh karena itu, dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction diharapkan salah satu pendekatan yang aktif untuk dapat membantu siswa menyelesaikan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis aktivitas siswa, analisis hasil belajar siswa, analisis data wawancara siswa. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan penelitian bahwa dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction pada siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan kategori analyze, evaluate dan create, siswa dengan kemampuan sedang mampu dalam kegiatan menyelesaikan kategori analyze, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan kategori analyze. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Higher Order Thinking-Problem Based Instruction

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:06
Last Modified: 28 Mar 2024 02:06
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17726

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year