Reflections on 4F Model Learning for Professionalism Development of Prospective Teachers: Evidence from Teacher Professional Education

Soewardini, Herfa Maulina Dewi (2023) Reflections on 4F Model Learning for Professionalism Development of Prospective Teachers: Evidence from Teacher Professional Education. Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
10. COVER DAN NASKAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Pembelajaran reflektif dalam pendidikan calon guru merupakan pendekatan penting untuk mempersiapkan mereka menjadi pendidik profesional. Penelitian ini menyelidiki bagaimana Model Pembelajaran Refleksi 4F meningkatkan pengembangan profesional calon guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis tanggapan dari dua belas mahasiswa di berbagai program pendidikan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya di Indonesia. Model 4F, yang meliputi Fakta, Perasaan, Temuan, dan Masa Depan, berfungsi sebagai kerangka praktik reflektif dalam pendidikan guru. Temuan mengungkapkan bahwa model ini secara signifikan meningkatkan pengetahuan teoretis dan kompetensi profesional serta menumbuhkan lingkungan belajar yang berpusat pada siswa. Siswa melaporkan pengalaman emosional yang positif namun mencatat stres karena beban kerja yang berat. Di sini, pembelajaran teori diintegrasikan dengan magang praktis dan secara efektif memperkaya filosofi pendidikan dan metodologi pengajaran siswa. Studi ini juga mengidentifikasi area perbaikan, termasuk mengoptimalkan Sistem Manajemen Pembelajaran dan meningkatkan materi perkuliahan. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman praktik reflektif dalam pendidikan guru, menekankan pentingnya pendekatan holistik dan berpusat pada siswa dalam pengembangan profesional. Kata Kunci: Refleksi Pembelajaran, Model 4F, Guru, Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Calon Guru

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:52
Last Modified: 25 Mar 2024 01:52
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17619

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year