Surjowati, Ribut Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Penerapan Media Pop-up Book. Universitas Majalengka. (Unpublished)
Text
Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Penerapan Media Pop-up Book.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi komponen ekosistem pada siswa kelas V SD Ma’arif Al-Fattah Surabaya, tahun pelajaran 2018/2019. Melalui penerapan media Pop-up Book dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana kelas yang aktif, sehingga mengarah pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media Pop-up Book untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Komponen Ekosistem pada siswa kelas V SD Ma’arif Al-Fattah Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dan dilakukan dalam 2 siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasıl analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, dibuktikan dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 43% dan meningkat pada siklus II menjadi 86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Komponen Ekosistem melalui penerapan media Pop-up Book. Kata Kunci: hasil belajar; pop-up book; ılmu pengetahuan alam
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 02:00 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 02:00 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17455 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year