PERUMUSAN STRATEGI DENGAN ANALISIS SWOT PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojoke rto, Jawa Timur)

Evianah, Evianah PERUMUSAN STRATEGI DENGAN ANALISIS SWOT PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojoke rto, Jawa Timur). Universitas Jember. (Unpublished)

[img] Text
1.3.1 PERUMUSAN STRATEGI DENGAN ANALISIS SWOT PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojoke rto, Jawa Timur).pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi bisnis sepatu di Mojokerto agar dapat bertahan dan bersaing dengan usaha lain yang sejenis. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, daftar peryataan dan dokumentasi. Informasi penelitian dilakukan diseluruh UMKM sepatu Mojokerto dengan dengan karakteritik tertentu. Analisa data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif diskriptif dengan alat analisis SWOT, IFAS, EFAS, IE. Analisis ini memperhatikan faktor lingkungan internal (Strengths dan Opportunities) dan lingkungan eksternal (Weaknesses dan Threats). Hasil analisis IFAS matrik menunjukkan skor nilai diatas rata-rata dari keseluruhan faktor internalnya. Analisis EFAS matrik menunjukan skor nilai diatas rata-rata dari keseluruhan faktor eksternalnya. Analisis dengan menggunakan SWOT matrik menunjukkan skor nilai terbesar pada strategi Strenghts Opportunities (SO). Hasil analisis dengan Internal Eksternal (IE) matrik menunjukkan posisi UMKM produk sepatu di Mojokerto pada kuadran IV yang menunjukkan pada posisi kuat sedangkan analisis lingkungan eksternal pada posisi sedang. Posisi ini mengindikasikan UMKM sepatu Mojokerto dalam kondisi tumbuh dan membangun (grow and built). Strategi yang bisa diterapkan yaitu dengan strategi Strenght Opportunity (SO) dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan memperhatikan peluang pasar. Strategi ini perlu ditunjang dengan peningkatan SDM (performance of human resourch), penetrasi pasar (market penetration), pengembangan pasar (market development), dan pengembangan produk (product development). Kata kunci: Strategi bisnis, Strengths, Threats, Opportunities, Weakneses

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:28
Last Modified: 21 Feb 2024 03:28
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17428

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year