Pengaruh Rasio Likuiditas Resiko Pembiayaan dan Permodalan terhadap Kinerja Bank Umum Syariah (Studi pada Bank Syariah yang terdaftar pada bursa efek Indonesia 2015-2020)

Mardiana, Lilik Pengaruh Rasio Likuiditas Resiko Pembiayaan dan Permodalan terhadap Kinerja Bank Umum Syariah (Studi pada Bank Syariah yang terdaftar pada bursa efek Indonesia 2015-2020). STKIP PGRI SITUBONDO. (Unpublished)

[img] Text
4.2 Pengaruh Rasio Likuiditas Resiko Pembiayaan dan Permodalan terhadap Kinerja Bank Umum Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laporan keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah neraca, laporan rugi-laba, dan juga laporan aliran kas. Neraca dibuat dengan maksud untuk menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada suatu saat tertentu. Pembiayaan adalah sumber pendapatan bank syariah yang terbesar, namun sekaligus merupakan sumber risiko operasi bisnis yang terbesar, yaitu timbulnya Pembiayaan bermasalah, karena dengan adanya pembiayaan bermasalah bukan saja menurunkan pendapatan bagi bank syariah tetapi juga akan berdampak pada kesehatan bank syariah dan pada akhirnya akan merugikan nasabah penyimpan. profitabilitas bank merupakan kemampuan bank dalam mendapatkan keuntungan dalam suatu periode. rasio Return On Assets“(ROA) yang dipakai guna mengukur kemampuan bank dalam memperoleh laba dan melakukannya secara efisien secara keseluruhan. Rasio likuiditas sering digunakan dalam dunia perbankan diperoleh dari “Loan to Deposit Ratio” (LDR). Namun “Loan to Deposit Ratio” (LDR) itu sendiri digunakan untuk objek penelitian pada bank konvensional, sedangkan jika bank syariah menggunakan istilah berbeda yaitu “Financing to Deposit Ratio “(FDR).””Non Performing Financing” (NPF) pada bank syariah atau pada bank konvensional disebut “Non Performing Loan (NPL) merupakan rasio keuangan yang berkaitan dengan resiko kredit. Non Performing Financing” (NPF) menunjukan risiko pembiayaan yang akan dihadapi bank akibat dari penyaluran pembiayaan dan investasi dana bank. Capital adequacy ratio digunakan untuk mengukur kemampuan permodalan yang ada untuk menutup kemungkinan kerugian di dalam kegiatan perkreditan dan perdagangan surat-surat berharga. Kata Kunci: Bank Umum Syaraiah, “Return On Assets “ (ROA), “Loan to Deposit Ratio (LDR), Financing to Deposit Ratio “ (FDR), “ Non Performing Financing (NPF)

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 16 Feb 2024 05:40
Last Modified: 16 Feb 2024 05:40
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17373

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year