GAMBARAN HISTOPATOLOGI RADANG EKSTRAK DAUN JINTAN (COLEUS AMBONICUS) TERHADAP INDUKSI URIC ACID DAN OXONIC ACID PADA TIKUS PUTIH WISTAR (RATTUS NORVEGICUS)

Solfaine, Rondius GAMBARAN HISTOPATOLOGI RADANG EKSTRAK DAUN JINTAN (COLEUS AMBONICUS) TERHADAP INDUKSI URIC ACID DAN OXONIC ACID PADA TIKUS PUTIH WISTAR (RATTUS NORVEGICUS). Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
12. GAMBARAN HISTOPATOLOGI RADANG EKSTRAK DAUN JINTAN (COLEUS AMBONICUS) TERHADAP INDUKSI URIC ACID DAN OXONIC ACID PADA TIKUS PUTIH WISTAR (RATTUS NORVEGICUS).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis daya anti radang ekstrak daun jintan (coleus amboinicus) yang diinduksi nephropathy akut. Ekstrak daun jintan diperoleh dari daun jintan (Coleus amboinicus) segar yang diekstraksi dengan metode maserasi etanol 96 % dan dianalisis secara kualitatif dengan metode kromatografi lapis tipis (KLT) untuk mengidentifikasi senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Aktivitas ekstrak daun jintan sebagai anti radang dilakukan dengan pemberian secara intraperitoneal ekstrak daun jintan (Coleus amboinicus) pada tikus putih galur Wistar terhadap induksi granuloma fibrosis pada tubulus ginjal yang diinduksi dengan senyawa Oxonic Acid dan Uric Acid (OA & UA). Pembentukan granuloma fibrosis diidentifikasi sebagai nephropahty akut dengan teknik sediaan histopatologi pengecatan Haematoxilin & Eosin (HE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun Jintan (coleus ambonicus) mempunyai kandungan kualitatif kumarin, saponin, minyak atsiri dan polifenol dengan teknik Kromatografi lapis Tipis (KLT). Induksi intra peritoneal Oxonic Acid dan Uric Acid menyebabkan perubahan makroskopis berupa deposisi kristal urea intraperitoneal dan keradangan pada sendi metatarsal. Secara histopatologis induksi OA & UA menimbulkan nephropathy akut yang ditandai dengan adanya lesi degenerasi, keradangan dan nekrosis pada tubulus dan glomerulus ginjal pada kelompok perlakuan. Pemberian ekstrak daun Jintan pada kelompok perlakuan menghambat terjadinya pembentukan nephropathy akut secara nyata (P<0.05) dibandingkan kontrol dan kelompok induksi. Kata Kunci : Ekstrak daun jintan (Coleus amboinicus), nephropathy ,Oxonic Acid, Uric Acid.), Haematoxilin & Eosin (HE).

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:51
Last Modified: 23 Jan 2024 03:51
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year