Identifikasi dan penghitungan telur cacing nematoda pada saluran pencernaan harimau (Panthera tigris) di Bali Zoo, Gianyar

Para'pak, Frilly Valencia (2023) Identifikasi dan penghitungan telur cacing nematoda pada saluran pencernaan harimau (Panthera tigris) di Bali Zoo, Gianyar. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bukti Plagiasi Frilly Valencia Para'pak 2.pdf

Download (72kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengetahui jumlah telur cacing nematoda pada saluran pencernaan Harimau (Panthera tigris) yang ada di Bali Zoo, Gianyar. Populasi satwa liar saat ini mengalami penurunan yang sangat drastic. Salah satu faktor yang menyebabkan populasi satwa liar menurun adalah faktor penyakit. Penyakit kecacingan sangat sering dijumpai pada hewan karnivora, terutama pada felidae. Harimau hingga saat ini populasinya sangat menurun. Beberapa kasus kecacingan telah terjadi di berbagai konservasi atau penangkaran harimau. Sebanyak 6 sampel feses harimau diambil dari Bali Zoo dan dibawa ke laboratorium Parasitologi BBVET, Denpasar yang terdiri 4 ekor Harimau Benggala (Panthera tigris tigris) serta 2 ekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Pemeriksaan sampel dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu, metode natif, metode apung, dan metode Whitlock serta dilakukan analisis deskriptif terhadap data yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya Toxocara cati pada 1 ekor Harimau Sumatera dengan jumlah telur 680 EPG dan 1 ekor Harimau Benggala dengan jumlah telur 460 EPG. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Harimau yang berada di Bali Zoo, Gianyar terinfeksi cacing nematode yaitu Toxocara cati cacing nematoda Kata kunci : Toxocara cati, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Harimau Benggala (Panthera tigris tigris)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Toxocara cati, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Harimau Benggala (Panthera tigris tigris)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: Frilly Valencia Para'pak
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:18
Last Modified: 25 Oct 2023 03:18
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year