Pengembangan bahan ajar teks anekdot berbasis kecakapan personal untuk siswa Kelas X berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017

Hajah Rohmatin, Ririn (2018) Pengembangan bahan ajar teks anekdot berbasis kecakapan personal untuk siswa Kelas X berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
14610030 Ririn Hajah Rohmatin.pdf

Download (835kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Rohmatin, Ririn Hajah. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Anekdot Berbasis Kecakapan Personal untuk Siswa Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2017”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: Dr. Darsono, M.Si dan Dr. Sueb Hadi Saputro, M.Pd. Kata kunci: bahan ajar, model pengembangan 4-D, teks anekdot, kecakapan personal, kurikulum 2013 revisi 2017. Pengembangan bahan ajar teks anekdot dilakukan berdasarkan hasil angket pengamatan sekolah dan kebutuhan siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D milik Thiagarajan yang kemudian diadaptasi menjadi 4-P. Berdasarkan model tersebut, rumusan masalah berkaitan dengan tahap-tahap pengembangan 4-D yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk buku berjudul “Belajar Berpikir Kritis dengan Anekdot. Hasil dari penelitian ini meliputi 1) proses pendefinisian bahan ajar yang meliputi lima aspek kegiatan dan setiap aspek kegiatan tersebut sudah terlaksana dengan baik., 2) proses perancangan bahan ajar yang dilakukan untuk merancang bahan ajar meliputi dua aspek kegiatan dan sudah terlaksana dengan baik., 3) proses pengembangan bahan ajar yang meliputi tiga aspek kegiatan dan sudah terlaksana dengan baik. Tahap ini juga dilakukan untuk melihat kualitas bahan ajar “Belajar Berpikir Kritis dengan Anekdot” dari tiga aspek yakni kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Bahan ajar “Belajar Berpikir Kritis dengan Anekdot” dinilai sangat berkualitas, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, model pengembangan 4-D, teks anekdot, kecakapan personal, kurikulum 2013 revisi 2017.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: Aliadi Hadipoetro
Date Deposited: 04 Sep 2018 10:05
Last Modified: 04 Sep 2018 10:05
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item