Analisa Produktivitas Penggunaan Alat Berat Pekerjaan Struktur bawah Pada Proyek Pembangunan Apartemen di Surabaya (Studi Kasus Proyek Apartemen Allessandro CitraLand Vittorio Surabaya)

Mariska, Ayu Dita (2023) Analisa Produktivitas Penggunaan Alat Berat Pekerjaan Struktur bawah Pada Proyek Pembangunan Apartemen di Surabaya (Studi Kasus Proyek Apartemen Allessandro CitraLand Vittorio Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
CEK LAPORAN PLAGIASI.pdf

Download (155kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar produktivitas alat, jumlah kebutuhan alat, dan anggaran biaya pada penggunaan alat berat pada pembangunan Apartemen Allessandro CitraLand Vittorio Surabaya khusunya pekerjaan galian dan buangan tanah pada basement. Penggunaan alat berat yang kurang tepat dengan kondisi dan situasi di lapangan dan pekerjaan akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas alat dan tidak tercapainya jadwal atau target yang ditentukan. Oleh karena itu, diperlukan kombinasi dari excavator, bulldozer, dan dumptruck pada pekerjaan galian dan buangan pada proyek Apartemen Allessandro CitraLand Vittorio Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan survey lapangan, sedangkan metode penelitian yang dipakai produktivitas dalam pengamatan di lapangan adalah activity sampling. Hasil penelitian perhitungan kombinasi alat excavator, bulldozer, dan dumptruck. Terdapat 3 alternatif perhitungan yang dilakukan, berdasarkan 3 alternatif perhitungan kombinasi alat berat dengan kondisi excisting maka dipilih hasil yang menunjukkan durasi waktu tersingkat dan biaya yang relatif murah. Maka untuk pekerjaan galian dan buangan pada Proyek Apartemen Allessandro CitraLand Vittorio Surabaya dengan volume 15210,83 m3 memerlukan 5 unit excavator Komatsu PC 200-8,1 unit bulldozer Komatsu D31P, dan 42 unit dumptruck Mitsubushi colt diesel 125 HD. Dengan peralatan di atas, maka waktu penyelesaian yang dibutuhkan adalah sebesar 233 jam dengan biaya total adalah Rp 1.335.311.200 KATA KUNCI : Produktivitas, Kombinasi, Alat Berat, Struktur Bawah, Apartemen

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, Kombinasi, Alat berat, Struktur Bawah, Apartemen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: Ayu Dita Mariska Dianta
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:33
Last Modified: 12 Oct 2023 02:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year